Minggu, September 06, 2009

Tips Mudik dengan Motor

Namanya juga mudik, jarak yang di tempuh pasti ada yang jauh dan ada juga yang dekat.. relatif laaah.. Namun, semua itu tidak dapat disepelekan karena banyak rintangan dan halangan yang akan dialami oleh sang pemudik.. oleh karena itu, mudik dengan menggunakan sepeda motor butuh persiapan yang matang baik dari motor itu sendiri maupun pengendaranya.. Agar selamat sampai tujuan, tentu ada beberapa point yang harus diperhatikan pada motor agar tidak menyebabkan hal hal yang tidak diinginkan di perjalanan.. Nah berikut ini adalah point point yang dikumpulkan dari berbagai sumber..


Mempersiapkan Motor
Ini sangat penting mengingat perjalanan pada saat mudik membutuhkan daya tahan yang lebih dari motor itu sendiri. ceklah semua bagian motor mulai dari sasis hingga mesin. Motor yang sehat adalah motor yang aman buat mudik..





Rem
Rem adalah perangkat yang sangat penting karena berfungsi untk memperlambat laju motor dan menghindari kecelakaan.. Pemakaian rem ini pun ada masanya dan harus diganti karena akan aus pada jangka waktu tertentu.. Keausan rem dapat diketahui jika..

  1. Pedal rem jika diinjak atau ditekan akan terasa semakin dalam.
  2. Pada saat melakukan pengereman terdengar suara atau bunyi ngik ngik pada rem.
  3. Kapasitas oli rem berkurang sampai batas minimum.
  4. Untuk rem cakram dapat dilihat secara langsung.

Jika rem sudah mengalami keausan, maka segera gantilah komponen komponen yang perlu diganti agar kerja rem menjadi maksimal.. Rem yang tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan kecelakaan.. Baik bagi pengguna motor itu sendiri maupun bagi pengguna jalan yang lainnya..
Inagt, fungsi rem sangatlah penting.




Suspensi
Berikutnya kita ke bagian suspensi.. Suspensi berfungsi sebagai peredam guncangan pada motor dan menjaga kestabilan motor pada saat jalan lurus ataupun berbelok.. Pertama tama cobalah cek bagian peredam kejutnya atau sokbeker, untuk mengecek adanya kebocoran oli atau tidak.. Untuk mengecek suspensi bagian belakang, dapat dilakukan dengan cara ditekan atau duduk diatasnya. Jika sokbeker masih dapat kembali naik turun pada saat ditekan dan tidak menimbulakan suara maka sokbeker tersebut tidak bermasalah.. Untuk mengecek sok bagian belakang dapat dilakukan dengan cara menekan rem depan lalu motor didorong ke depan, Jika sok masih dapat naik turun dan tidak menimbulkan suara apapun maka sok dalam keadaan baik.. Namun, jika sudah dilakukan kedua hal di atas, dan terdapat masalah, maka segera gantilah sok beker tersebut.. Pergantian baiknya dilakukan untuk semua suspensi agar kinerja motor lebih maksimal..



Roda
Roda meliputi ban, pelek, poros, dan bantalannya. Pada saat kondisi rusak maka pergerakan motor akan terganggu dan dapat menyebabkan kecelakaan.. Motor akan terasa berjalan lebih lambat, limbung, bergetar saat kecepatan tinggi dan menimbulkan suara.. ini bisa terjadi karena Pelek motor sudah peyang atau oval.. bisa disebabkan karena penggunaan pada jalan yang rusak dan umur yang sudah tua.. Untuk pelek racing bisa dilakukan roll ulang, sedangkan untuk pelek jari jari bisa dilakukan penyetelan jari jari..
Kerusakan poros dan bantalan dapat menyebabkan motor tidak dapat berjalan dengan lancar atau seret.. kerusakan poros sering membuat roda tiba tiba berhenti karena terjadi lock atau penguncian.. Jika poros mengalami keausan maka ganti semua bantalan, dan jika kering beri pelumas..


Rantai
Rantai yang sudah aus dapat terdengar dari suaranya pada saat motor melaju.. Jika rantai dan sproket sudah aus, maka rantai akan menjadi kendor dan meregang.. Maka rantai harus diganti beserta sproketnya. Rantai yang aus dapat menyebabkan rantai terlepas dari sproketnya dan membuat motor jadi berhenti seketika (bahaya kan). Pada motor berjenis skutik, alat penggeraknya adalah berupa sabuk, sabuk ini memang harus diganti secara berkala karena dapat melar dalam jangka waktu tertentu.. Pada saat mengganti sabuk, periksa pula kopling kering pada sistem transmisi.. jika sudah mengalami gejala keausan maka harus diganti dengan yang baru..



Lampu
Penting nih bagi biker yang ingin melakukan perjalanan mudiknya pada saat malam hari.. Pertama tama periksalah semua lampu apakah masih berfungsi dengan benar, kendor, atau putus.. Untuk memeriksa lampu rem, mintalah bantuan seseorang karena agak sulit untuk melihatnya.. Bisa juga melihat sinar yang dipantulkan pada dinding.. Jika ada lampu yang putus segeralah ganti dengan yang baru. Gantilah dengan lampu yang spesifikasinya sesuai dengan standar yang dianjurkan pada buku manual. sebisa mungkin pilihlah lampu yang berkualitas baik, tahan lama, dan hemat energi. Lampu dengan kualitas yang jelek akan mengakibatkan lebih banyak menyedot daya listrik dan pendaran cahayanya kurang terang atau buram (bisa tekor nih..hehehe).



Itulah beberapa point yang harus kita perhatikan agar selamat sampai tujuan pada saat melakukan perjalanan mudik untuk merayakan hari raya idul fitri bersama sanak saudara tercinta...
Semoga bermanfaat...

1 komentar:

  1. Trims, Tipsnya sangat bermanfaat, dapat membantu kelancaran dan kenyamanan dalam perjalanan mudik. Apalagi mudik adalah suatu moment yang pasti ditunggu siapapun. Perjalanan jauh pun rela ditempuh banyak orang, walaupun dibumbui rasa lelah karena jalanan yang padat. Agar perjalanan mudik lancar, segala sesuatu nya harus dipersiapkan seteliti mungkin.
    Dengan adanya tips seperti di atas, mudah-mudahan dapat menyadarkan pemudik agar persiapan yang dilakukan tidak asal-asalan. Bagi yang bermaksud pulang mudik, hati-hati di jalan. Semoga selamat sampai tujuan.
    Iklan Gratis

    BalasHapus